Jumat, 15 Mei 2009

MENGAGUMI C-17 GLOBEMASTER AUSSIE
























































Di tengah-tengah kegiatan pra-OYU hari kedua, Kamis (14/5), pasis Sekkau A-85 bersama para patun dan antap Sekkau menyempatkan diri menyaksikan static show pesawat C-17 Globemaster milik RAAF (AU Australia) di lapangan parkir Embarkasi Haji Halim Perdanakusuma.
Dengan sangat antusias para pasis dan pengunjung lain tampak mengagumi sosok pesawat transpor raksasa buatan Boeing AS itu. Dikatakan raksasa karena ukurannya kemungkinan 4 - 5 kali pesawat Hercules C-130. Diantara yang hadir menyaksikan tampak pula Pangkoopsau I Marsda TNI Imam Sufaat dan Kas Koopsau I Marsma TNI Eddy Suyanto.

Belum diperoleh informasi yang jelas, misi apa yang hendak diraih dari kehadiran C-17 ini. Spekulasi "asal ngomong" dari sejumlah patun mengatakan, ada kemungkinan mereka (RAAF) mau pamer ke kita yang armada transpornya sedang lemas dan payah. "Siapa tahu pemerintah kemudian memutuskan untuk membeli pesawat buesar ini," kata salah seorang patun tanpa mikir masuk akal atau tidak pendapatnya itu. Lhawong beli spare part hercules aja kita masih ngos-ngosan, kok malah mau beli Globemaster!

Spekulasi lain mengatakan, RAAF ya sekadar pamer karena mereka lebih kaya dari kita dan mampu beli C-17 (mereka punya empat unit bro!). Dan misi pamer itu tepat memang ke Indonesia karena penduduknya banyak yang ndeso dan seneng kalau ada sesuatu yang baru dan berasal dari luar negeri.

Spekulasi paling konyol tapi juga masuk akal, katanya para kru itu mau belanja ke Mangga Besar, beli macem-macem karena di sini harganya murah untuk ukuran mereka, sedangkan "UPD" mereka pasti juga juauh lebih buesaaar daripada UPD TNI AU sehingga mereka bisa beli apa saja di sini. "Termasuk mau beli anturium, kan lagi banyak pameran di sini dan harganya lagi murah. Pokoknya mereka mau menuhin pesawat yang gedhenya sak gajah aboh ini dengan barang-barang belanjaan," kata sang patun yang lucu itu.***

Tidak ada komentar: