Selasa, 17 Februari 2009

TIGA JAGOAN PERKUAT SEKKAU


“Jagoan” memang datang dan pergi, seperti film-film cowboy. Tatkala Letkol Tata dan Letkol Suroso pergi, maka datanglah pengganti mereka. Tak tanggung-tangung, langsung didrop tiga jagoan sekaligus. Masing-masing Letkol Pnb Engkus Koswara, Letkol Pnb Tahyodi, dan Letkol Lek Agus Supriyanto. Ya, merekalah dostun-dostun baru yang semakin memperkuat soliditas Sekkau sebagai lembaga pencetak mayor dan manajer lapangan di jajaran TNI AU. Berikut ini profil masing-masing tiga jagoan itu.

Letkol Pnb Engkus Koswara

Dilihat dari namanya, jelas ga salah deh, ini jagoan asal Tanah Pasundan! Lulus AAU tahun 1990 (di Sekkau kawan seangkatannya adalah Letkol Amaly, Letkol Gandi, Letkol Ardhi, Letkol Tahyodi), menyelesaikan Sekbang Angkatan ke-44 dengan rating fighter. Ia malang melintang sebagai penerbang ”oviten sepuluh” (OV-10) cukup lama, sampai akhirnya ditarik ke Jogja untuk menjadi guru almamaternya di Sekbang setelah lulus SIP angkatan ke-48.

Ketika di Jogja sebagai instruktur itulah ia disekolahkan ke ROKAF (Korsel), tepatnya KT-1B Pilot Training, dalam rangka pengawakan pesawat latih yang hendak dibeli Pemerintah RI itu. Ia pula yang akhirnya menularkan ilmu menyopiri pesawat KT-1B di kalangan jupiter (instruktur) Sekbang kala itu.

Ketika Kapten ia menempuh Sekkau Angkatan ke-65 (teman seangkatan sebagai dostun yaitu Letkol Danet, Letkol Gandi, Letkol Agus Suhadi, dan Letkol Tahyodi). Kemudian pendidikan Seskoau ditempuh di Angkatan-41 (bersama dostun Letkol Ratna). Engkus juga dipercaya menempuh Sesko perbandingan di SCSC Singapore, tahun 1996. Sebelumnya ia juga menempuh pendidikan AMTAC (Advance Military Technology Appreciation Course), 1995.

Sebelum ditarik ke Sekkau, Engkus malang-melintang sekitar dua tahun sebagai Komandan Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya. Menikahi Erna Sofiana, seorang Wara manis pilihannya, dan dikarunia dua putri: Naufalia NDU dan Anisa MDU. Selamat datang Kang Engkus, kuharap kau bisa mewarnai Sekkau dengan hal-hal yang positif dan konstruktif sesuai kompetensimu.***(gus)

(Profil Letkol Agus Supri dan Letkol Tahyodi menyusul, karena ketika entry baru ini ditulis dan diposting, Letkol Agus Supri sedang mengajar di kelas, sedang Letkol Tahyodi entah kemana tuh orang...Soalnya untuk bisa masuk blog ini ya harus methungul di depan redaktur merangkap administrator hehehe)

1 komentar:

TEMPE SEMANGIT mengatakan...

Selamat bertugas pak Kuswara...semoga sukses senantiasa bersama bapak...jangan sungkan mampir ke gubuk kami...